Header Ads

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula



Seperti yang telah kita ketahui bahwa salah satu sumber penghasilan yang menggiurkan adalah bisnis online. Tentunya tidak mudah untuk bisa menghasilkan uang berlimpah begitu saja, akan ada tahap demi tahap yang mesti kita lalui agar kita mendapatkan penghasilan yang besar. Tetapi juga bukan tidak mungkin kita menghasilkan penghasilan besar jika kita mau berusaha dan mencari metode yang tepat.

Untuk memulai bisnis online akan ada tahap yang harus kita lalui. Seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya tentang beberapa model bisnis yang bisa kita ikuti untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis online. Kita harus bisa menentukan bisnis online tersebut yang sekiranya mampu kita lakukan.


Menentukan Model Bisnis Online

Dalam penentuan model bisnis, kita harus sesuaikan dengan kemampuan kita dalam melakukan model bisnis online tersebut. Pilihlah model bisnis yang memang benar-benar cocok dan mampu dilakukan, agar tidak berhenti ditengah jalan karena merasa tidak mampun dan gagal.

Setelah kita menentukan model bisnis apa yang mesti kita pilih, ada beberapa tahap yang harus kita lakukan agar bisnis yang kita lakukan bisa berjalan sesaui dengan target yang kita tentukan. Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana kita menjalankan bisnis online tersebut.

1. Fokus
Untuk menjalankan bisnis yang telah kita tentukan, kita harus focus agar kita bisa sungguh-sungguh dalam menjalaninya dan juga konsentrasi untuk menjalankannya sampai kita mendapatkan hasil dari bisnis online tersebut. Jika konsentrasi kita dipecah dengan model bisnis online yang lain, maka sulit bagi kita untuk dapat berhasil dalam bisnis yang kita pilih.

2. Tekun dan Sungguh-Sungguh
Tahap kedua yang harus kita lakukan adalah kita harus tekun dalam menpelajari dan mempraktekkan bisnis online yang kita pilih. Begitu juga kita harus sungguh-sungguh dalam mempraktekkannya. Jangan mudah menyerah seandainya belum mendapatkan hasil dari bisnis tersebut. Teruslah berusaha sampai ditemukan pola yang tepat untuk sukses dibisnis tersebut.

3. Sabar
Akan banyak kendala yang kita hadapi dalam bisnis online. Bisnis online memang susah-susah gampang. Kita harus tetap sabar untuk terus mempelajari untuk menemukan pola yang tepat. Jika mudah putus asa dan tidak sabar maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa dan tidak menemukan pola yang tepat. Jadi kesabaran diperlukan dalam bisnis online.

4. Konsisten
Terus saja mempelajari dan juga mempraktekkan ilmu yang berkaitan dengan model bisnis online yang kita pilih. Jangan pernah bosan dan mudah menyerah. Carilah solusi saat ada kendala dalam menjalaninya. Jika kita terus konsisten mempelajari dan mempraktekkan ilmu yang kita dapatkan, pada saatnya kita akan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kita usahakan. 

Mencari Mentor yang Tepat

Setelah kita menentukan model bisnis apa yang akan kita jalankan dan juga berproses menjalankan bisnis tersebut. Kita juga memerlukan mentor yang tepat. Kenapa harus ada mentor? Ini adalah pertanyaan yang bagus. Sesuai dengan  pengalaman admin yang berkecimpung dalam bisnis online, memerlukan waktu yang lama agar kita berhasil dalam bisnis online jika tanpa adanya mentor yang membimbing kita.

Untuk memangkas waktu kita agar cepat mendapatkan hasil, kita memerlukan mentor yang tepat. Sehingga kita tidak membuang-buang waktu secara percuma. Dengan adanya mentor maka dia akan membimbing kita ke jalan yang benar sehingga kita tidak tersesat dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk sukses dalam bisnis online yang sedang kita jalani.

Mencari Target Pasar yang Tepat

Setelah kita mendapatkan produk dan juga mentor yang tepat. Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah kita harus mempromosikan pada target pasar yang tepat. Oleh karena itu kita harus mencari target pasar yang sesuai dengan produk yang kita punya.

Dengan mempromosikan produk pada pasar yang tepat maka potensi lakunya produk yang kita jajakan akan semakin besar. Salah target pasar justru akan membuang waktu kita secara percuma, kita tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Produk yang kita pasarkan tidak akan tetpat sasaran sehingga potensi penjualan justru akan sangat kecil.

Memasarkan Produk dan Personal Branding

1. Sosial Media
Untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal kita harus memasarkan produk disosial media, baik itu facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Selain bisa untuk mempromosikan produk kita, sosial media ini juga bisa dipakai untuk personal branding atau produk branding.

Selain gratis kita juga bisa memakai iklan berbayar dari sosial media ini. Seperti facebook ads, instram ads dan lain sebsgainya. Dengan memakai fasilitas iklan berbayar ini maka potensi penghasilan kita akan lebih maksimal. Selain sosial media kita juga bisa proosi berbayar digoogle adword.

2. Marketplace
Selain sosial media kita juga bisa mempromosikan dimarketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan lazada. Potensi yang ada pada marketplace juga sangalah besar. Jika kita tahu cara memasarkan produk dengan marketplace maka penghasilan kita juga akan membengkak. Yang terpenting kita tahu pola yang benar ketika memakai fasilitas ini.

Seperti sosial media marketplace ini juga bisa dipakai untuk personal branding produk atau nama toko online kita. Jika kita sudah mendapatkan predikat baik dimarketplace bukan tidak mungkin kepercayaan orang pada kita juga akan meningkat sehingga penghasilan kita juga semakin meningkat.

3. Toko Online
Kita bisa membuat toko online jika produk kita adalah produk fisik. Jika kita sungguh-sungguh dan focus mengelola toko online maka potensi penghasilannya juga sangat besar. Oleh karena itu kita bisa mempelajari bagaimana cara mengelola toko online dengan baik dan benar, agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Blog
Selain toko online kita juga bisa mempromosikan bisnis online kita dengan blog. Kita bisa membuat blog yang focus membahas tentang produk atau hal lain. Bisa juga secara umum sesuai denga keinginan dan kemampuan kita. Jika pengunjung sudah banyak maka potensi produk kita akan banyak dibeli oleh orang lain.

5. Forum
Forum selain media untuk berdiskusi bisa juga untuk mempromosikan produk yang kita punya. Tentunya untuk forum tidak bisa sembarangan dalam mempromosikan produk. Kita harus teliti dan hati-hati karena forum memang untuk diskusi bukan untuk promosi.

Kita harus memakai cara yang cerdik untuk bisa promosi melalui forum. Baca terlebih dahulu aturan-aturan yang ada pada forum tersebut, agar kita tidak terkena sanksi akibat kelalaian kita menggunakannya dengan tidak bijak.

Demikianlah pembahasan tentang memulai bisnis online dari nol untuk pemula, mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi pencerahan sehingga teman-teman tidak lagi bingung untuk memulai bisnis. Terus belajar, terus focus dan terus konsisten maka hasil akan mengikuti proses.