Header Ads

Cara Memulai Bisnis Online yang Menjanjikan Bagi Pemula



Cara memulai bisnis online yang menjanjikan. Usaha online adalah salah satu peluang bisnis yang tidak dapat diremehkan begitu saja, dan bahkan bisnis ini begitu mnggiurkan. Faktanya adalah bahwa usaha ini sudah menyediakan peluang pekerjaan baru untuk semua orang, terlepas dari umur, pendidikan, dan status.

Banyak yang telah terbukti dan berhasil dengan bisnis online, termasuk Yasha Singgih yang punya Man Republic, Rico Huang yang berhasil dengan Alona dan Dropshipaja, bahkan 2 bersaudara Intan Atina, pemilik Vanilla Hijab yang berhasil menerima pendapatan miliaran rupiah melalui Instagram.


Dengan bisnis online, mereka dapat membuktikan bahwa bisnis online bisa jadi sumber pendapatan yang menjanjikan dan menyediakan lapangan pekerjaan baru untuk orang lain, tentu saja hal itu merupakan bukti bahwa usaha online bisa dijalankan oleh siapa pun dan di mana pun.

Pada dasarnya, bisa dikatakan bisnis online susah-susah gampang, ada beberapa metode atau cara yang perlu dijalankan sehingga kita bisa mendapatkan hasil maksimal. Apa yang mesti dijalankan dalam bisnis online adalah konsentrasi (focus), sabar, rajin dan kontinyu (konsisten). Fokus pada pembelajaran dan menjalankan trik kita dalam bisnis, fokus pada bisnis yang sedang kita lakukan akan mempercepat kesuksesan bisnis kita.

Mempunyai kesabaran dan tidak gampang menyerah meskipun beberapa kali gagal. Karena pada dasarnya bisnis online, ini adalah proses pembelajaran untuk mendapatkan skema/pola yang pas untuk memperoleh penghasilan optimal. Karena itu, kesabaran sangat penting untuk berhasil.

Kita juga mesti rajin mengerjakan langkah demi langkah tanpa harus khawatir tentang kebosanan yang sering datang kepada diri kita sendiri. Lanjutkan mencoba sebisa mungkin sampai ada hasil maksimal. Demikian pula, harus rajin tanpa menyerah, kegagalan merupakan proses yang sedang berjalan. Kontinyu (konsisten) mengajari kita proses yang baik langkah demi langkah sampai mendapatkan jalan yang benar.

Ada beberapa jenis bisnis online yang dapat kita lakukan dan sangat menjanjikan jika kita lakukan dengan serius dan konsisten. Bisnis online itu ialah:

1. Dropshiper
Dropshiper ialah istilah untuk orang yang jual barang dengan cara dropship. Sistem dropship hanyalah sistem pembelian dan penjualan menggunakan perantara dimana dropshiper yaitu perantara yang memiliki tugas untuk menghubungkan konsumen ke produsen.

Dropshiper hanya memiliki tugas pemasaran produk, sementara pengepakan dan pengiriman barang menjadi tugas Pradusen/pemasok. Ketika produk mencapai konsumen, nama pengirim yang digunakan ialah nama dropshiper.

Apa yang terkait dengan konsumen langsung yaitu dropshiper, sementara pemasok/produsen tidak terkait dengan konsumen. Adapun laba diatur oleh dropshiper setelah pemasok menyediakan harga diskon untuk dropshiper. Model bisnis ini cocok untuk bisnis online yang memiliki modal kecil atau bahkan tidak ada modal sama sekali.

Tugas dropshiper hanya mempromosikan barang dan merefleksikan strategi pemasaran lainnya sehingga barang yang dijual dapat dijual dengan baik. Tidak perlu khawatir tentang memikirkan modal dan pengiriman barang, karena semuanya menjadi tugas pemasok (supplier).

2. Reseller.
Reseller ialah orang-orang yang menjual produk orang lain. Ini berarti bahwa mereka tidak memiliki produk sendiri, mereka mencari dan membeli produk orang lain dan menentukan harga jual sesuai dengan pasar atau beberapa juga ditentukan oleh pemasok (di mana mereka mendapatkan barang).

Tugas pengecer/ reseller hampir identik dengan dropshiper, yang memasarkan produk yang telah mereka beli. Tetapi perbedaannya ialah reseller yang menyediakan stok dan juga mengirimkan barang kepada konsumen.

Untuk dapat berhasil dalam 2 macam bisnis ini, bagaimana mencari produsen/pemasok yang benar-benar layak dipercaya (amanah). Respons cepat, produk berkualitas dan layanan maksimum disarankan untuk mencari pemasok (supplier) yang tepat. Salah satu pemasok (supplier) yang saya rekomendasikan ialah FastPay, Dusdusan dan Sophie Paris.

Adapun tempat penjualan sangat banyak, kita dapat menemukannya dimarketplace, termasuk Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan Lazada. Selain marketplace, kita juga dapat menjual di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan juga dapat melalui toko online.

3. Blogger
Bisnis online lain yang juga menggiurkan yaitu menjadi blogger. Bagi siapa pun yang memiliki keahlian menulis dapat mencoba kesempatan ini, jika blog memiliki banyak pengunjung, hasilnya akan berlimpah. Bahkan pendapatannya akan melimpah ruah.

Memiliki blog tidak harus menjadi ahli menulis, kita semua bisa belajar sambil berjalan. Saat menerbitkan artikel di blog pada saat itu juga kita dapat mengoreksi kekurangan dalam menulis. Seiring waktu, keahlian kita akan terasah dan akan menjadi ahli menulis.

Kita mendapatkan uang dari iklan afiliasi, PPC, review, produk penjualan dan sebagainya. Jika kita mengikuti afiliasi, kita dapat meletakkannya dalam blog. Demikian pula, jika kita memiliki produk, dapat menampilkannya di blog kita. Baik kita sebagai reseller atau dropshiper.
 
4. YouTuber.
Pada saat, era milenium profesi YouTuber adalah profesi yang sangat digemari. Banyak yang telah menjadi youtuber. Tentu saja, dia tidak mudah menjadi seorang YouTuber. Selain keahlian dalam pengeditan video tapi keterampilan dalam nidanglain juga kita perlukan. Jika kita mumpuni di bidang tertentu, kita dapat berbagi diyoutube.

Pendapatan yang kita terima dari YouTube berasal dari iklan AdSense. Bahkan, pendapatan YouTube bukan hanya AdSense, tetapi berbagai sumber lainnya. Kami dapat menghasilkan endor, review terhadap produk, afiliasi, produk penjualan dan sebagainya.

5. Affiliater
Kami juga dapat melakukan bisnis online dengan sistem afiliasi. Afiliasi yaitu menjual produk orang lain dalam bentuk produk digital, produk fisik atau produk lain, dan kemudian kita akan menerima komisi dari owner bisnis jika terjadi penjualan.

Untuk pendapatan afiliasi, dengan cara menampilkan iklan blog, media sosiall, forum, dll. Semakin banyak trafik blog, maka potensi pendapatan semakin besar. Karena itu, kita dapat memaksimalkan blog yang kita miliki.

Demikianlah penjelasan sedikit tentang peluang bisnis online yang yang menjanjikan dapat kita lakukan dan dapatkan penghasilan berlimpah. Kita dapat menilai, memilih dan menentukan bisnis online mana yang dapat kita lakukan atau yang benar-benar cocok untuk kita. Catatan penting adalah konsentrasi, sabar, rajin dan kontinyu (berkesinambungan).